• sales@pakama.co.id
  • +62857-7208-2913

Description

Memiliki rumah lama dengan tampilan dan dekorasi yang sama dari tahun ke tahun pastinya membuat pemilik rumah akan merasa jenuh. Solusi agar rumah lama menjadi nyaman dan menyenangkan untuk di tinggali adalah melakukan renovasi rumah. Merombak rumah lama dengan tampilan dan konsep baru memang menyenangkan sekaligus memberi tantangan tersendiri. Jika mengetahui dengan benar step by step nya tentu merenovasi rumah adalah solusi tepat mengatasi kejenuhan.

Pengertian Dasar Renovasi Rumah

Merenovasi rumah berati memperbarui dan memperbaiki bangunan atau rumah tinggal di atas konstruksi rumah lama. Biasanya ada tambahan baru dalam fungsi bangunan menyesuaikan kebutuhan pemilik rumah. Renovasi rumah mencakup perubahan interior, tampilan konstruksi bangunan (renovasi total) dan renovasi pada bagian eksterior rumah. Perbaikan bagian rumah yang rusak sebenarnya termasuk dalam kategori renovasi.

Merenovasi Rumah Tak Se-Simple Kelihatannya

Umumnya renovasi rumah memang kegiatan perombakan bangunan dan menambah atau memperbaiki setiap fungsi ruang dalam bangunan. Namun renovasi tidak hanya tentang itu. Merawat dan melakukan pemeliharaan rumah juga termasuk kategori renovasi rumah.Jika renovasi dilakukan untuk seluruh area rumah. Maka agar proses renovasi berjalan efisien, yang perlu diperhatikan adaah fungsionalitas rumah berapa biaya renovasi rumah yang disiapkan.

Mengetahui perhitungan biaya renovasi rumah secara keseluruhan adalah dengan membuat catatan menyeluruh. Mulai dari pembongkaran bangunan lama, pembuangan puing,  pembelian bahan dan material, biaya pengerjaan, estimasi waktu, serta konsep dari renovasi rumah.

Membuat Skala Prioritas Renovasi Rumah

Pertimbangkan pemilihan material apa saja yang akan digunakan pada saat merenovasi rumah. Memilih bahan bangunan yang berkualitas adalah bentuk investasi jangka panjang. Sehingga mencegah bangunan agar tidak cepat rusak. Setelahnya jangan ragu untuk melakukan perbandingan harga, tentunya dalam merenovasi rumah ingin menekan anggaran seminimum mungkin. Meski demikian jangan lupakan anggarn tak terduga. Sekilas memang terlihat cukup banyak yang harus dilakukan tetapi jika tidak segera dimulai maka renovasi rumah tak akan pernah berjalan.

Hal yang tak kalah penting dari anggaran adalah desain. Membuat desain renovasi rumah tidak bisa sembarangan. Walaupun merenovasi bangunan berarti tidak membangun dari tahap awal. Justru fakta tersebut yang menjadi tantangan saat renovasi rumah di lakukan. Mendesain di atas konstruksi bangunan yang sudah ada, letak fungsi ruang yang sudah terkonsep. Mau tidak mau harus menyesuaikan dan mempelajari konstruksi bangunan rumah tersebut untuk dapat memaksimalkan bangunan yang lama.

Memahami struktur dan kontur dari daerah rumah yang akan direnovasi. Bisa memberi informasi tentang apa teknik renovasi yang bisa diterapkan. Untuk lebih mudahnya orang lebih memilih menggunakan jasa renovasi rumah. Desain renovasi rumah yang ideal adalah kemampuan menerapkan konsep yang bisa memunculkan karakteristik dan kelebihan sebuah rumah tinggal.

Membuat list yang berisikan tempat-tempat mana saja kah yang memerlukan prioritas perhatian dalam merenovasi rumah. Sebab prioritas renovasi bisa sangat membantu menekan anggaran. Biasanya tanpa membuat daftar prioritas, orang cenderung menambah bagian-bagian yang direnovasi. Tindakan seperti itu tentunya menyebabkan pembengkakan biaya renovasi rumah.

Material dari sisa konstruksi rumah lama dapat dipergunakan kembali. Bila material tersebut terlihat kusam lantaran sudah lama. Solusinya adalah melakukan pengecatan ulang, dibersihkan atau dipoles ulang. Cara ini terbukti menghemat anggaran renovasi rumah lama.

Proses Pengerjaan Renovasi Rumah

Di kota besar seperti Tangerang hal yang lumrah apabila meminta bantuan jasa renovasi rumah. Seperti yang dilakukan oleh Bapak Eka pemilik rumah di Perumahan Vila Dago. Beliau mempercayakan proses renovasi 2 lantai miliknya kepada PT. Patria Karya Utama, Pakama. Proses pengerjaan sebagian besar langsung dilakukan di lokasi oleh pekerja yang berpengalaman. Sisanya ada yang menggunakan bengkel perusahaan dalam proses pembuatan. Dengan luas Tanah 78 dengan bangunan lama type 36 yang terdiri 2 kamar tidur 1 kamar mandi, ruang tamu dan dapur, Pak Eka ingin membuatnya menjadi 2 lantai yang terdiri :
Lantai 1 : Teras, Ruang Tamu, Ruang Makan, 2 Kamar, 1 Kamar Mandi, Dapur, Mushola dan Gudang
Lantai 2 : Balon, 2 Kamar Utama, 1 Kamar Pembatu, Ruang Keluarga Tempat Jemuran dan 2 Kamar Mandi
Dengan tanpa merubah posisi lantai 1 agar kebutuhan material dan tenaga bisa di minimalisir.
Spesifikasi material utama yang digunakan seperti   atap rangka baja ringan, kusen alumunium  Kanopi polycarbonate, balkon dan railing tangga besi hollow galvanis.

Kenyamanan dan kualitas sangat diperhatikan dalam detail pengerjaan renovasi rumah. Pada proses merenovasi rumah, konsep sama sekali tidak mengikuti desain dengan rumah tetangga. Sehingga pemilihan material serta penerapannya benar-benar tepat sesuai kebutuhan dan keinginan pemilik rumah. Kondisi bangunan juga menentukan berapa lama waktu pengerjaan.

Renovasi rumah Tangerang milik Bapak Eka terhitung tidak sulit. Pproses pengerjaannya pun terbilang cepat dengan memakan waktu sekitar 4 bulan sesuai dengan kesepakatan yang tertera dalam kontrak kerja. Ppemilik segera memutuskan untuk merenovasi rumah disaat yang tepat. Menunda rumah lama untuk di renovasi jutru mengakibatkan  rumah akan semakin rusak. Hasilnya tentu biaya renovasi justru membengkak. Walau dirasa tidak terlalu berpengaruh, tetapi menentukan waktu renovasi juga tergolong penting. Renovasi baiknya dilakukan pada saat cuaca tidak sering hujan atau terbilang kering.

Kesempurnaan Renovasi Rumah

Berkat memilih perusahaan konstruksi bangunan yang tepat sekelas PT. Patria Karya Utama (Pakama) hasil renovasi rumah terbilang memuaskan dan tepat waktu dengan mempertahankan bangunan lama sehingga dapat meminimalisir anggaran renovasi rumah. Pengalaman kerja yang banyak terbukti membentuk kepiawaian dalam menyelesaikan setiap proyek yang dipercayakan. Hal penting yang harus diperhatikan saat akan merenovasi rumah adalah: konsep, pioritas area yang direnovasi, perusahaan konstruksi, dan anggaran biaya.

Client Name

Bapak Eka

Client Company

Vila Dago Pamulang

Project Start Date

2018-01-01

Project End Date

2018-04-30

Client's Comment

Kualitas bagus sesuai desain dan spesifikasi dan tepat waktu. yang terpenting tidak ada penambahan biaya selama proses renovasi.