• sales@pakama.co.id
  • +62857-7208-2913
  • 2019-12-10
  • Admin

Konstruksi dan renovasi rumah low budget konsep industrial , memiliki kelebihan dalam proses pengerjaan rumah yang lebih cepat. Karena banyak mengekspose material dan struktur bangunan, tidak  dibutuhkan tahap memoles beberapa bagian rumah. Fakta ini bisa menekan pengeluaran dan waktu pengerjaan. Memilih konsep industrial pada bangunan dan interior rumah membuat penampakan rumah lebih menarik dan artistik.

Kelebihan dari konsep rumah indutrial bisa dijadikan alternatif ide membangun rumah. Keunggulan konsep industrial adalah dalam menekan budget berlebih. Konsep ini menggunakan material sederhana yang dikombinasikan dengan kreatifitas dari desainer.  Konsep industrial identik dengan baja atau logam. Maka atas diskusi bersama di putuskan untuk memanfaatkan mesin-mesin tua sepeda motor milik pasangan untuk di jadikan bagian dari interior rumah.

Biasanya konsep industrial diemplementasikan pada ruang publik seperti cafe, restauran, atau working space. Namun bukan berarti tidak cocok untuk rumah hunian. Sesuai permintaan yang ada dipilih menggunakan kaca bear di salah satu dinding, sebagai upaya mensiasati lahan sempit. Pada depan rumah, pilihan vertical garden bisa menambah kesan hijau. Diputuskan membuat rak vertical garden yang terbuat dari besi pipa dikombinasi papan kayu yang dipasang menempel di dinding.

Pada ruang tamu, agar terkesan lapang. Hanya diletakkan kursi panjang bermaterial besi dengan cushion-cushion colorful yang cantik dipadukan penempatan satu meja kaca kecil. Lantai pun menggunakan semen ekspose, supaya tidak monoton maka ditambahkan keramik tekel. Masih pada ruang yang sama ada ruang keluarga. Ruang tamu dan ruang keluarga dipisahkan oleh rak terbuka dengan detail kayu dan besi. Elemen kayu pada rak membuat konsep industrial tidak terlihat berlebihan. Maka tidak diletakkan terlalu banyak furniture pada area ruang keluarga. Penempatan televisi 50”  menjadi centre di ruang keluarga. Sofa berbahan kulit warna merah dengan bentuk letter L dipilih untuk memberi pencerah diantara warna-warna monokrom.

Beranjak menuju lantai dua. Pemilihan material besi kembali dipilih pada pembuatan tangga menuju ke lantai dua. Penempatan tembok bata ekspos pada dinding sebelah tangga membuat area tangga lebih eyecatching. Jangan lupakan juga bohlam kuning disudut ruang. Karena tangga terbuat dari material besi, desainer mengusulkan memakai area bawah tangga sebagai sudut kerja. Meja kerja yang dipilihpun sengaja yang model minimalis.

Pada lantai dua rumah terdapat area dapur, ruang makan dan area pribadi. Konsep dapur dipilih berwarna bersih, karenanya diputuskan warna off white sebagai warna dapur keseluruhan. Pada top table mengunakan semen ekspose. Area makan bewarna senada dengan dapur dan langsung menyatu dengan dapur dipilih furniture compacte, seperti kursi makan yang bisa dijadikan tempat penyimpanan. Arsitek mengusulkan membuat void diatas dapur. Usulan ini karena melihat lahan rumah yang sempit. Dengan void dibuat, memberi kesan luas pada  rumah. Void merupakan ruang kosong terbuka yang terletak ditengah konstruksi  sering disebut sebagai palfon ganda.

Karena ukuran jendela yang besar maka dirasa vertikal blind jauh lebih prakts dibandingkan gorden. Area private terdapat  dua kamar tidur. Setiap kamar tidur menggunakan lemari kaca yang menempel pada dinding, storage terbuka dan juga storage gantung. Tembok menggunakan wallppare bata untuk menghemat biaya. Pada kamar utama memilih dominasi warna putih, dengan kasmir chair bewarna biru navy. Sebagai dekorasi di lantai dua sengaja mengekspose pipa biasa yang dicat dengan warna hitam sebagai bagian dari dekorasi.

Pemilihan konsep industrial berawal dari komunikasi antara pemilik rumah dengan pihak PT. Patria Karya Utama (Pakama). Pada saat pertemuan dengan tim arsitek dan desain interior. Diutarakan bahwa menginginkan renovasi rumah dengan menekan budget. Namun tidak ingin rumah terlihat biasa saja. Berdasarkan keinginan klien yang meminta budget rendah dan rumah memiliki konsep unik. Dengan profesional tim mengusulkan konsep industrial.

Setelah dijelaskan dan dibuatkan gambarannya. Konsep industrial adalah yang terbaik untuk rumah dengan low budget. PT. Patria Karya Utama (Pakama) sangat komunikatif dan kooperatif, sehingga tidak merasa membeli kucing dalam karung. mereka menyelesaikan pekerjaan dengan sangat teliti. Pokoknya tidak menyesal sudah memakai jasa PT. Patria Karya Utama (Pakama). Untuk urusan rumah jangan coba-coba, pilih yang sudah terjamin kemampuannya.

Share This