• sales@pakama.co.id
  • +62857-7208-2913
  • 2019-12-10
  • Admin

Minimalis simplicity untuk hunian di perkotaan. Desain rumah minimalis simplicity bisa di jadikan refrensi untuk rumah dengan lahan terbatas. Dalam membangun sebuah hunian biasanya dibutuhkan biaya besar supaya bisa mendapatkan rumah yang kita impikan. Namun, kita bisa membangun rumah dengan biaya rendah dengan memaksimalkan kebutuhan ruang dan furniture. Memilih tinggal di tengah kota seperti, hunian wilayah Jabodetabek, merupakan faktor efisien agar sehari-hari mudah memulai aktifitas.

Sayangnya, seringkali lahan terbatas menjadi kendala untuk memiliki desain hunian yang diinginkan. Kenyataan tersebut membuat pemilik rumah berpikir kreatif. Sehingga pemilik rumah menginginkan rumah yang compact bagi penghuninya. Fokus bangunan compact yaitu terhadap kebutuhan, bukan pada gaya. Semua hal dibicrakan dengan tim arsitek dan desain interior.

Minimalis Simplicity untuk Hunian di Perkotaan

Lahan terbatas tidak menjadi hambatan untuk mendesain rumah sesuai keinginan. Tanah seluas 150 meter persegi dengan bangunan seluas 50 meter perseg, Gaya minimalis simplicity menjadi pilihan tepat untuk diterapkan pada hunian di perkotaan. Inspirasi datang dari kehidupan perkotaan yang dinamis dan aktif.Menurut arsitek itu komposisi ideal rumah di perkotaan yang padat. Dimana halaman lebih luas dibanding dengan bangunan.

Dengan pemilihan gaya interior yang tepat kebutuhan penghuni dapat terpenuhi. Karena pemilik menyukai hal yang simple dan minimalis. Konstruksi rumah dibuat berbentuk geometric simple tanpa atap yang menyerupai susunan box. Tone warna abu terlihat dari dinding semen ekspose. Pembagian ruang dilakukan dengan sangat efektif. Tidak ada satu ruang yang hanya memiliki satu fungsi. Furniture dan interior merupakan bagian dari aristektur sehingga tidak bisa dipisahkan. Semua elemen arsitektur dan interior pada bangunan adalah  jawaban terhadap kebutuhan penghuni. Dalam mewujudkannya dilakukan diskusi dengan semua anggota keluarga.

Bangunan memaksimalkan cahaya matahari agar bisa masuk dengan bebas dari jam 6 pagi hingga 6 sore hingga menghemat energi. Pada interior dalam rumah, dipilih paduan warna monokrom, seperti putih, grey, dan hitam. Pada furniture pemilik ingin lebih maskulin. Tim bekerja menyesuaikan spirit seluruh penghuni rumah. Karena bangunan tidaklah luas, maka pada lantai satu di buat open space area. Dimana terdapat 3 area sekaligus.  

Rumah tidak memiliki area foye. Karena area pertama langsung disambut area living room. Sofa custom bewarna abu-abu dengan bentuk letter L menyesuaikan lokasi, mengingat luas area tidaklah besar. Furniture coffee table putih berbentuk bulat dengan geometric frame tanaman teranium mempermanis tampilan living room. Kabinet televisi bewarna hitam tampak match dengan krei putih pada jendela. Diantara living room dan dining room dibuat teras mini untuk sirkulasi udara. Teras mini bisa difungsikan sebagai extension area. Extension area diperuntukan pada situasi pemilik rumah memerlukan space lebih untuk suatu acara. Dipasang sliding door alumunium yang dapat dikumpulkan pada sisi yang tersembunyi sehingga ruangan lebih luas.

Masih di area yg sama terdapat dining room. Meja  dan kursi makan dipilih dengan bematerial kayu jati. Penggunaan meja makan bergaya minimalis membuat suasana semakin cozy. Furniture berbahan kayu menjadi penyeimbang material interior. Meja makan bisa di set untuk lebih pajang atau lebih pendek menyesuikan kebutuhan. Dapur juga berada di area yg sama. Membuat kitchen set yang sengaja bewarna hitam kontras dengan top table marmer warna putih. Menambahkan hanging lamp di dapur, selain sebagai  penerangan juga sebagai aksen dekorasi. Untuk memaksimalkan fungsi dinding dapur maka ditambahkan ambalan. Dapur yang kecil dibuat segar dengan ditambahkan tanaman hiijau di beberapa sudutnya.

Minimalis Simplicity untuk Hunian di Perkotaan

Beranjak ke lantai dua. Menuju lantai dua, dipilih tangga gantung dari material lempengan besi tanpa railing. Karena jarak antar lantai satu dengan lantai dua tidak terlalu tinggi. Ruangan menjadi terlihat semakin besar. Pada bawah tangga sengaja dijadikan tempat memamerkan koleksi pajangan dari berbagai negara.

Di lantai dua merupakan area private. Hanya terdapat dua kamar tidur . Jendela pada setiap kamar dibuat sama dengan tinggi banguan agar dapat menikmati pemandangan.  Pada kamar anak di desain minimalis dengan sentuhan warna monokrom, hitam dan putih. Mini tenda pun diletakkan pada sudut bermain anak. Untuk mempermanis tampilan didnding  ambalan dipilih kembali. Ambalan dipasang untuk memajang koleksi mainan dan buku anak .

Kamar utama bersebelahan dengan kamar anak. Pada bagian bawah tempat tidur utama, ditambahkan storage untuk menyimpan barang. Penempatan lampu gantung di atas kanan kiri tempat tidur membuat suasana menjadi hangat. Lemari baju terbuka sengaja dibuat untuk menambah estetika. Pada kamar utama terdapat  area kerja, area make up dan area santai. Kabinet televisi dibuat berkamuflase dengan lemari yang menempel di dinding. Meletakan televisi pada lemari bisa menghemat penggunaan space. Tempat tidurpun diarahkan langsung menghadap televisi. Agar penghuni dapat bersantai sembari menonton televisi.

Kesan elegan juga terasa pada area kerja. Dengan pilihan top table glass diletakkan di sebelah jendela agar mendapatkan cukup cahaya.

Minimalis Simplicity untuk Hunian di Perkotaan

Konstruksi dan renovasi rumah di wilayah perkotaan memang lebih baik dipercayakan pada yang profesional. Seperti pada konstruksi bangunan dengan tema minimalis simplicity ini. PT. Patria Karya Utama, Pakama sangat totalitas dalam membantu. Pelayanan diberikan secara maksimal. Sehingga klien tidak pernah kecewa. Proses diskusi yang komunikatif membuat tim bekerja dengan terperinci. Setiap ruang menjawab kebutuhan penghuni. Pilihan tepat mempercayakan pembangunan hunian anda kepada PT. Patria Karya Utama, Pakama.

 

Share This